Bagaimana mengetahui kualitas dan Rasa Moringa

Pure Moringa MSI adalah salah satu “Superfood” hijau yang paling kaya nutrisi, tetapi karena semakin banyak merek moringa muncul, bagaimana Anda bisa tahu mana moringa yang kualitasnya paling baik? Apakah yang ber sertifikasi organik, ber warna lebih hijau atau yang berasa lebih kuat? Karena semakin banyak orang menyukai serbuk superfood ini, berikut adalah beberapa tips bagaimana Anda dapat menggunakan indera Anda untuk menentukan kualitas moringa Anda:

1. Ketahui dari mana asal moringa Anda dan bagaimana dia tumbuh

Untuk memahami bagaimana “super” superfood Anda sebenarnya, Anda harus memahami bagaimana tanaman itu ditanam. MSI bekerjasama dengan MOI bangga bekerja langsung dengan pemasok untuk memastikan mereka telah memenuhi spesifikasi yang baik bagi kadar protein, zat besi, kalium dan kalsium, dan bebas dari timbal dan zat berbahaya lainnya. Meskipun ada lebih banyak Moringa yang tersedia di pasaran, tidak mudah untuk menghasilkan Pure Moringa.

MSI bekerja dengan para pemasoknya untuk memastikan bahwa pohon Moringa ditanam dalam kondisi paling bersih dan daunnya diproses untuk menjaga integritas nutrisi. Tiga aspek kunci yang diperiksa adalah: 1) kualitas tanah tanaman, 2) proses pengeringan yang hati-hati dan 3) kualitas produk bersertifikat. Pohon Moringa adalah bioakumulator yang kuat, artinya dapat menyerap dengan kuat mineral dan logam berat dari tanah, jadi tidak seperti merek lain, MSI sumber  Moringa nya hanya dari pemasok di daerah terpencil yang bebas dari pestisida dan polutan industri.

2. Percayai merek dan sertifikasinya

Karena konsumen semakin peduli tentang pembelian produk organik, mereka juga harus berhati-hati tentang merek yang mereka pilih untuk percayai. MSI secara ketat menguji moringa-nya di setiap tahap sumber untuk memastikan bahwa moringa memiliki nutrisi tertinggi. Pemeriksaan rutin ini juga memvalidasi sertifikasi organik setiap petani. MSI telah mengangkat standar praktik terbaik untuk kualitas dan pemrosesan pabrik Moringa sambil terus memastikan semua inisiatif didukung oleh ilmu pengetahuan. MSI bekerja sama dengan petani Moringa yang telah mendapatkan sertifikasi organik dari lembaga sertifikasi level dunia, CERES.

Moringa Untuk Kesembuhan

Moringa oleifera telah mendapatkan perhatian yang banyak dalam beberapa tahun terakhir karena nutrisi yang kaya dan sifat penyembuhannya. [3] Sejak zaman kuno, banyak individu telah menuai manfaat menjadikan Moringa bagian dari makanan dan obat-obatan mereka. Klaim ketenarannya mencakup kemampuan untuk berhasil mengobati peradangan, penyakit parasit, nyeri sendi, gangguan pencernaan, hipertensi, diabetes, anemia dan kondisi kulit sambil memberikan dukungan kardiovaskular dan kekebalan tubuh, melindungi terhadap berbagai patogen (E. coli, Salmonella, Candida, H (pylori dan Staphylococcus) dan meningkatkan laktasi untuk ibu menyusui. [4] [5]Jadi, mengapa tidak semua orang menjadikan Moringa bagian dari diet rutin mereka? Ada tiga masalah utama mengapa orang enggan mengonsumsi lebih banyak Moringa:

  • Kebutuhan untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang sains di balik manfaat Moringa,
  • Kurangnya kesadaran akan manfaat luar biasa dan kemudahan penggunaan Moringa.
  • Soal selera atau rasa.

Pada point satu dan dua, telah dipatahkan oleh Jurnal yang diterbitkan oleh Jed Fahey, Mark Olson, Gwen Chodur, akhirnya kita coba telusuri pada point ke 3 dan inti dari artikel ini – masalah selera atau rasa.

3. Masalah Rasa: Apakah Pahit Lebih Baik?

Mengapa sebenarnya orang menyukai tanaman yang luar biasa ini meskipun sedikit pahit atau getir? Komunitas yang tinggal di mana moringa tumbuh subur secara tradisional memakan Moringa oleifera dan dua spesies teratas lainnya (Moringa stenopetala dan caningaensus Moringa) sebagai makanan. Sementara biji dan batang memberikan banyak manfaat, daunnya sebagian besar digunakan untuk aktivitas antioksidan, protein tinggi dan vitamin yang tinggi juga. Sepuluh spesies kelor lainnya hanya digunakan untuk tujuan pengobatan. [7] Mengapa demikian? Sederhananya, karena rasa pahitnya, banyak spesies kelor yang ditanam hari ini telah mendorong orang untuk menggunakannya hanya untuk tujuan pengobatan.

Pada akar Moringa dengan rasanya yang pahit sebenarnya justru mempunyai kekuatan sebagai tanaman penyembuhan melalui aktivitas glukosinolat, atau yang lebih dikenal sebagai minyak mustard. Senyawa yang sama inilah yang membuat sayuran silangan – brokoli, bok choy, kubis, kembang kol, kubis brussel, lobak ceri merah, lobak daikon dan selada air, dll. – tanaman utama dalam mencegah perkembangan kondisi kronis, dan moringa melampaui semua ini dan tanaman hijau lainnya.
Untuk membantu memahami ini dengan lebih baik, mari kita mempertimbangkan secara singkat perbedaan antara Moringa liar dan Moringa yang didomestikasi. Mayoritas Moringa oleifera berasal dari tanaman domestik; namun, Moringa “liar” Moringa oleifera sangat berbeda dari keturunannya sebagai tanaman peliharaan yang mempengaruhi karakteristik tanaman. [3] Mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang evolusi moringa akan membantu kita untuk melestarikan sifat-sifat positif nya ketika membiakkan spesies tanaman untuk nutrisi yang optimal. Ini mirip dengan manfaat yang kita terima dari berhubungan dengan warisan kita sendiri untuk mendukung pilihan gaya hidup yang paling bermanfaat bagi unusr kimia dalam tubuh kita yang unik.

Glukosinolat (GS), lebih mudah disebut sebagai minyak mustard, adalah bintangnya bahan-bahan nabati dibuat (phytochemical),yang membawa moringa mempunyai kekuatan penyembuhan ,sementara itu kehadiran mereka dikenal dengan rasa nya yang agak pahit. Ketika kita makan Moringa, enzim tanaman myrosinase mengubah GS menjadi isothiocyanate, pekerja ajaib yang melakukan pekerjaan fantastis untuk melindungi aset kita yang paling berharga – kesehatan kita.

Tingkat kepahitan berhubungan langsung dengan dua type Moringa GS yang dominan, yang berarti bahwa tingkat kepahitan Moringa menunjukkan kualitas nutrisinya.

Fakta yang menarik adalah bahwa kelor yang dibudidayakan hari ini sebenarnya kurang pahit dari induknya yang liar, namun manfaat penyembuhannya lebih besar. Bahkan, dalam sebuah studi tahun 2018 tentang bagaimana perbedaan Moringa dan Moringan oleifera liar yang dijinakkan mempengaruhi rasa tanaman, ditemukan bahwa domestikasi/budidaya Moringa menghasilkan rasa yang lebih baik. Dalam tes rasa yang dibutakan, para peserta dengan mudah melihat perbedaan antara kelor yang “liar” dan jinak dengan pencicipan “liar” seperti kale berdaun aromatik dan kelor yang didomestikasi seperti kacang hijau segar. [3]

Singkatnya, alam memilih kepahitan ekstrim dari waktu ke waktu untuk memastikan penggunaan tanaman yang lebih besar sambil meningkatkan kemampuan tanaman untuk menyembuhkan. Jadi pada dasarnya, rasa pedas itu hanyalah konfirmasi bahwa Moringa akan melakukan pekerjaan serius untuk memelihara dan menyembuhkan Anda! Intinya: kita mendapatkan manfaat penyembuhan yang luar biasa dari tanaman yang sedikit pahit yang tumbuh subur di bawah kondisi yang paling sulit(tanah gersang sekalipun). Ini benar-benar anugrah luar biasa yang harus kita jaga untuk kesehatan dan penyembuhan kita, jadi mari kita konsumsi!

References

  1. Anwar, F., Ashraf, M., & Muhammad, I. B. (2005). Interprovenance variation in the composition of moringa oleifera oilseeds from pakistan. JAOCS, Journal of the American Oil Chemists’ Society, 82(1), 45-51. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/275086507?accountid=107221
  2. Asghari, G., Palizban, A., & Bakhshaei, B. (2015). Quantitative analysis of the nutritional components in leaves and seeds of the persian moringa peregrina (forssk.) fiori. Pharmacognosy Research, 7(3) doi:http://dx.doi.org/10.4103/0974-8490.157968
  3. Chodur, G. M., Olson, M. E., Wade, K. L., Stephenson, K. K., Nouman, W., Garima, & Fahey, J. W. (2018). Wild and domesticated moringa oleifera differ in taste, glucosinolate composition, and antioxidant potential, but not myrosinase activity or protein content. Scientific Reports (Nature Publisher Group), 8, 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.1038/s41598-018-26059-3
  4. Fahey, J. W., Olson, M. E., Stephenson, K. K., Wade, K. L., Chodur, G. M., Odee, D., . . . Hubbard, W. C. (2018). The diversity of chemoprotective glucosinolates in moringaceae (moringa spp.). Scientific Reports (Nature Publisher Group), 8, 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.1038/s41598-018-26058-4
  5. Leone, A., Spada, A., Battezzati, A., Schiraldi, A., Aristil, J., & Bertoli, S. (2015). Cultivation, genetic, ethnopharmacology, phytochemistry and pharmacology of moringa oleifera leaves: An overview. International Journal of Molecular Sciences, 16(6), 12791-12835. doi:http://dx.doi.org/10.3390/ijms160612791
  6. Mendieta-araica, B., Spörndly, E., Reyes-sánchez, N., & Spörndly, R. (2011). Feeding moringa oleifera fresh or ensiled to dairy cows–effects on milk yield and milk flavor. Tropical Animal Health and Production, 43(5), 1039-47. doi:http://dx.doi.org/10.1007/s11250-011-9803-7
  7. Olson, M. E., Sankaran, R. P., Fahey, J. W., Grusak, M. A., Odee, D., & Nouman, W. (2016). Leaf protein and mineral concentrations across the “Miracle tree” genus moringa. PLoS One, 11(7) doi:http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0159782
  8. Source : https://blog.kulikulifoods.com/2018/10/18/3-ways-to-tell-if-your-moringa-is-good-quality/

Leave a comment